• Home
  • Seminar
  • Webinar "Pertobatan Ekologis: Membangun Kesadaran dan Tanggungjawab Beragama secara Kolektif serta A

Webinar "Pertobatan Ekologis: Membangun Kesadaran dan Tanggungjawab Beragama secara Kolektif serta A


Damai dan perdamaian merupakan intisari dari ajaran agama dan kepercayaan yang kita anut selama ini. Namun, ketika kita berbicara tentang damai dan perdamaian dalam konteks berbangsa dan bernegara menjadi sangat kompleks. Kita tidak hanya bicara soal damai dan perdamaian itu sendiri, melainkan juga kita harus membicarakan hubungan antara manusia, alam dan Tuhan. Bumi ini bisa hidup secara damai jika alam sehat, lingkungan sehat, bumi sehat, maka manusia juga akan sehat. Dan kita bisa menjadi sangat bijaksana dan arif karena kedekatan dan tanggungjawab kita terhadap alam.


Pandemik Covid-19 menunjukkan bahwa hubungan manusia dengan alam selama ini semakin tidak baik: relasi merawat dan memelihara secara bertanggungjawab tidak menjadi perhatian kita. Egoisme dan keserakahan manusia untuk eksplorasi dan eksploitasi alam telah membawa bencana bagi semua lini kehidupan kita. 

Oleh karena itu, kami hendak mendorong para agamawan serta masyarakat, awam, apapun latar belakang pendidikan, sosial, budaya serta etnis dan agama serta kepercayaan untuk mendengar dan belajar secara langsung kepada para aktivis lingkungan yang bersentuhan secara langsung dengan alam dan masyarakat adat di bumi Indonesia ini. Dialog ini kami harapkan mampu memberikan kesadaran dan aksi nyata secara kolektif untuk memulihkan bumi yang terlanjur dirusak oleh egoisme, keserakahan dan kepentingan manusia yang tidak terbatas.