• Home
  • Seminar
  • Webinar "Pemikiran dan Langkah Th. Sumartana tentang Soal-soal Teologis dalam Pertemuan Antar Agama"

Webinar "Pemikiran dan Langkah Th. Sumartana tentang Soal-soal Teologis dalam Pertemuan Antar Agama"


Nama Th. Sumartana (15 Oktober 1944 - 24 Januari 2003) mulai dikenal publik Indonesia karena pemikiran-pemikirannya yang kritis dengan optimisme yang kuat tentang agama dan dialog antar agama. Bersama-sama dengan tokoh-tokoh besar lain seperti Gus Dur dan Cak Nur, Sumartana pantas disebut sebagai salah seorang perintis atau pembuka jalan dalam gerakan dialog antar agama di Indonesia sejak akhir tahun 1969.

 

Th. Sumartana membangun  persahabatan dengan banyak orang; lintas suku, agama dan latar belakang. Sementara dalam kalangan Gereja (khususnya Protestan/Protestanisme di Indonesia), Th. Sumartana telah dikenal dengan pikiran-pikirannya terkait dialog dan bagaimana Gereja dan bergereja dalam konteks majemuk.

Th. Sumartana bekerja keras menyadarkan Gereja terkait pentingnya teologi agama-agama atau yang Ia sebut dengan theologia religioum (Skripsi tahun 1971 tentang "Soal-soal Teologis dalam Pertemuan Antar Agama").

 

Th. Sumartana mengabdikan hidupnya yang relatif singkat tapi produktif itu, dengan memberi contoh bagaimana seharusnya gereja, agama-agama dan masyarakat Indonesia bersinergi membangun bangsa.

 

Dalam rangka memperingati 76 Tahun Th. Sumartana, Institut DIAN/Interfidei mengundang teman-teman semua untuk hadir dan mendengarkan kisah hidup dan pikiran-pikiran kritis beliau dari para sahabat dan koleganya semasa hidup. Jejak pikirannya yang begitu luas semoga menginspirasi kita semua dalam mewujudkan Indonesia yang damai, harmoni, toleran, dan menghargai perbedaan.

 

Webinar ini akan dilaksanakan pada :

Hari/tanggal: Sabtu, 24 Oktober 2020

Pukul 13.30-15.30 WIB

Lewat aplikasi Zoom Meeting

 

Narasumber: Pdt. Dr. Zakaria J. Ngelow

 

Penanggap:

-Dr. Ahmad Suaedy

-Pdt. Dr. Marhaenie Luciana Mawuntu

-Prof. Dr. J.B. Giyana Banawiratma

-Prof. Dr. Olaf H. Schumann

 

Moderator: Dr. Zuly Qodir (Moderator)

 

Agenda ini terbuka untuk umum dan tersedia Juru Bahasa Isyarat (JBI).

 

Tautan untuk bergabung pertemuan Zoom-nya:

https://us02web.zoom.us/j/89268937910?pwd=b2NOZWsxYnExY2lDVWpha3Z6VlFGQT09

 

Meeting ID: 892 6893 7910

Passcode: Interfidei

 

Narahubung : Ista (+62 878-3673-9848)