• Home
  • Seminar
  • Webinar “Kerja Kolaborasi untuk Penyelesaain Persoalan Perdagangan Orang di Indonesia”

Webinar “Kerja Kolaborasi untuk Penyelesaain Persoalan Perdagangan Orang di Indonesia”


Persoalan penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berujung pada Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) sudah menjadi rahasia umum. Kejahatan ini telah berkembang luas menjadi jaringan bisnis yang terorganisir maupun tidak terorganisir, baik di dalam negeri atau antar negara.

Pelaku perdagangan orang merekrut orang untuk bekerja di dalam atau luar negeri sebagai PMI melalui perusahan pengerah tenaga kerja di seluruh Indonesia. Para PMI ditampung di lokasi lokal dengan ketersediaan air bersih dan makanan yang tidak memadai, juga komunikasi dengan keluarga yang terbatas. 

Di wilayah penempatan kerja mereka bekerja tanpa jaminan keselamatan, kesehatan, sering mengalami tekenan dan kekerasan. Banyak dari mereka kembali ke kampung dengan kondisi sakit, mental terganggu, hilang ingatan bahkan kematian. 

Dalam konteks yang demikian diharapkan agama-agama menjadi “rumah yang aman” bagi para korban perdagangan orang. Agama-agama mesti berpihak bagi yang lemah dan diperbudak sambil memperlihatkan akar dan penyebab ketidakadilan serta terlibat bersama mengupayakan perubahan. Kehadiran agama-agama diharapkan membawa berita baik melalui “suara kenabian” dan “aksi kenabian” agar para PMI dan seluruh masyarakat hidup dengan damai. Manusia semakin dihargai sesuai harkat dan martabatnya.

Institut DIAN /Interfidei dan Jaringan Antar-Iman Indonesia (JAII) mangajak dan mendorong semua Agama (pemimpin, tokoh, umat, lembaga) bergerak bersama untuk mencegah, menghadapi dan mengatasi masalah sekaligus kejahatan kemanusiaan ini. Kami mengajak basudara semua untuk hadir dan berdialog mengenai persoalan tersebut dalam Zoom Webinar yang bertemakan “Kerja Kolaborasi untuk Penyelesaain Persoalan Perdagangan Orang di Indonesia”.

 
Narasumber:
1.Destri Handayani - Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan dari TPPO, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI
2.Romo Chrisanctus Paschalis Saturnus - Batam, Kepulauan Riau
3.Hj Euis Suhartati – Fahmina Institute
4. Suster Maria Yosephina Pahlawati SSpS - NTT 
5. Pdt.  Ira Imelda – Gereja Kristen Pasundan

Moderator: Martha Bire (Jaringan Perempuan Indonesia Timur) 

 

Penanggap:

1. Pimpinan Pusat 'Aisyiyah 
2. Pdt. Jimmy Sormin (Perwakilan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia)
3. Erna Rini, MKM (Pimpinan Pusat Fatayat NU)
4. Pater Benedictus Hari Juliawan (Provinsial Serikat Jesuit)

Kuota 100 Peserta
Free E-Certificate

Link live streaming YouTube 
https://s.id/WebinarPerdaganganOrang

 

Link Pendaftaran:
https://s.id/RegistrasiWebinarHT

 

Informasi : 
087836739848 (Ista)