• Seminar Guru-Guru Agama SMA/K Se-Kabupaten Gunung Kidul

    WEDNESDAY, 19/08/2015 ||00:00:00 WIB img

    Pada Rabu, 19 Agustus 2015 Institut DIAN/Interfidei bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Gunung Kidul mengadakan Seminar Guru-Guru Agama SMA/K Se-Kabupaten Gunung Kidul dengan tema “Memahami Pendidikan Pluralisme di Tengah Kemajemukan Bangsa”. Kegiatan ini dimulai dengan seminar yang menghadirkan tiga pembicara antara lain Drs. Nur Abadi, MA (Kepala Kementerian Agama Kabupaten Gunung Kidul), Nur Khalik Ridwan, dan Elga Sarapung.

    Dalam seminar pagi itu Nur Abadi menjelaskan kondisi masyarakat Gunung Kidul yang beragam. Keberagaman tersebut jika tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan konflik. Maka dari itu menurut Nur Abadi guru-guru harus bisa mengajarkan toleransi kepada anak didiknya di sekolah.

    Selanjutnya Elga Sarapung memberikan penjelasan tentang pluralisme dan tantangan yang dihadapi di masyarakat terkait kemajemukan agama, budaya, suku, dan etnis. Elga berharap guru-guru agama mampu menyikapi tantangan yang ada dengan mengembangkan metode belajar yang kreatif.

    Sementara itu, Nur Khalik Ridwan menyoroti bagaimana pendidikan agama juga seharusnya berorientasi pada persoalan kemasyarakatan. Selain itu, Nur Khalik juga berpendapat perlunya pendidikan agama dengan tema-tema yang menjembatani antara hubungan agama dan pancasila. Menurut Nur Khalik, yang terjadi saat ini kedua hal tersebut justru berjalan terpisah bahkan kadang bertentangan. Nur Khalik mencontohkan sebuah sekolah di Jawa Tengah yang tidak mau melaksanakan upacara bendera saat hari kemerdekaan dengan alas an yang bersumber dari agama.

    Kegiatan seminar ini dilanjutkan dengan diskusi kelompok bersama fasilitator. Dalam diskusi tersebut ada beberapa hal penting yang dirumuskan oleh guru-guru antara lain: perlunya mengembangkan pendidikan agama yang berorientasi pada nilai-nilai humanisme dengan mencakup pada aspek afektif dan psikomotorik siswa. Selain itu hasil diskusi kelompok juga memunculkan gagasan pentingnya menjalin jejaring guru-guru agama lintas iman untuk meningkatkan interaksi antar guru yang berbeda keyakinan.

     

Artikel terkait disukai 

POSTING TERBARU

STATISTIK PENGUNJUNG

 Visitor Today : 86
 Total Visitor : 117043
 Hits Today : 164
 Total Hits : 373282
 Visitor Online : 2