• Diskusi Agama, HAM, dan Demokrasi di Amerika

    THURSDAY, 12/06/2014 ||00:00:00 WIB img

    Pada 12 Juni 2014 Interfidei bersama dua orang peserta magang dari America’s Unofficial Ambassador (AUA) mengadakan disksi dengan tema seputar Agama, HAM, dan Demokrasi di Amerika. Dalam diskusi tersebut dua mahasiswa magang dari AUA, Winona Vaitekunas dan Suraiya Jinah, menjadi pembicara.

    Sebagai pembicara pertama, Suraiya Jinah memberi penjelasan soal \"Hak Asasi Manusia dan Agama dari Perspektif Agama-Agama Dunia\". Presentasi mahasiswi McGill University Montreal ini mencakup Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dan implikasinya dalam kehidupan politik dan agama di masyarakat. Suraiya mengeksplorasi hubungan antara hak asasi manusia dan agama, menekankan bahwa keduanya saling berkaitan dan punya dampak yang signifikan dalam mempengaruhi kehidupan masyarakat

    Setelah presentasi pertama, Winona Vaitekunas sebagai pembicara kedua menjelaskan pengaruh agama dalam demokrasi ditinjau dari perspektif Amerika. Meskipun menyajikan sejarah sekuler pemerintahnya, mahasiswi Allegheny College di Meadville, Pennsylvania ini memaparkan data dan statistik iklim religius di Amerika Serikat. Ini menunjukkan bahwa Indonesia bukan satu-satunya negara yang berurusan dengan persoalan agama dan pengaruhnya terhadap pemerintahan.

    Diskusi pun berlanjut dengan diskusi seputar isu-isu pelanggaran HAM yang berkaitan dengan kebebasan beragama dan berkeyakinan di Indonesia. Peserta diskusi dan pembicara juga saling berbagi pengalaman dan cerita, baik di Indonesia maupun di Amerika, tentan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mendorong terwujudnya masyarakat yang toleran dan pluralis.

    Elga Sarapung, Direktur Dian Interfidei, dalam diskusi tersebut menambahkan secara singkat tentang beberapa tahun pertama pengalamannya di Interfidei dan mengingatkan pada peserta diskusi bahwa meskipun perubahan sulit untuk dicapai, selama masih muncul dialog, diskusi dan upaya lain yang berkelanjutan dalam mempromosikan toleransi dan pluralisme, maka Indonesia masih memiliki harapan baik di masa yang akan datang.

Artikel terkait disukai 

POSTING TERBARU

STATISTIK PENGUNJUNG

 Visitor Today : 87
 Total Visitor : 117044
 Hits Today : 204
 Total Hits : 373322
 Visitor Online : 1