• Pemuda Lintas Iman Gelar Donor Darah di Makassar

    MONDAY, 30/05/2016 ||00:00:00 WIB img

    Jelang ramadhan Jaringan Lintas Iman (Jalin) Harmoni Sulawesi Selatan mengajak seluruh elemen masyarakat, komunitas, organisasi dan instansi dengan aksi donor darahnya untuk kemanusian. 

    "Kami mengajak semua pihak tanpa terkecuali ikut aksi Gerakan Sosial Donor Darah untuk Persaudaraan dengan menyumbangkan darahnya hari ini untuk menambah stok darah bagi yang membutuhkan," kata perwakilan Jalin Harmoni, Iqbal di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sabtu. 

    Menurut dia setiap yang bernyawa butuh darah. Dan darah tak mengenal di tubuh mana mengalir. Darah tidak punya label suku, agama dan ras. Bahkan darah tak mengenal jenis kelamin dan tidak mengenal perbedaan.

    Berdasarkan data Palang Merah Indonesia (PMI) setiap hari PMI kekurangan 150 kantong darah. Padahal, darah adalah kebutuhan mendasar bagi saudara kita yang terkena musibah. 

    Dari pengalaman stok darah pada bulan Ramadhan lalu diketahui selalu kekurangan. Sementara kebutuhan darah di bulan suci selalu meningkat. 

    "Saat ini sejumlah relawan dan beberapa pengunjung mau mendonorkan darahnya, beberapa di antaranya memang sudah menjadi pendonor tetap. Mudah-mudahan aksi kami ini bisa menambah stok darah di PMI Makassar," tambahnya. 

    "Seperti tahun-tahun sebelumnya memang stok darah berkurang, untuk itu kami ajak masyarakat ikut berkontribusi mendonorkan darahnya demi membantu sesama. Meski ramadhan kami tetap membuka layanan bagi pendonor," tambah Wakil Wali Kota Makassar ini. 

    Pendonor Darah Membludak

    Pendaftar donor darah untuk persaudaraan yang diselengarakan Jaringan Lintas Iman (JALIN) Harmoni Sulsel pun membludak. Palang Merah Indonesia (PMI) akhirnya membatasi jumlah pendonor yang dilaksanakan di anjungan Pantai Losari. 

    "Jumlah pendaftar yang ingin donor darah terakhir yang masuk sekitar 160 orang yang berasal dari berbagai komunitas," kata ketua panitia, Iqbal Arsyad.

    Antusias pendonor darah sangat terlihat, para pendonor sudah berkumpul di anjungan Pantai Losari meski mobil PMI Makassar belum stanby di lokasi. Para pendonor berbaur saling bercanda menunggu petugas PMI Makassar menyiapkan perlengkapan untuk mengambil darah.

    Aksi donor darah ini berakhir jam 20.00 wita petang. Dan menghasilkan 31 kantong darah selama 3 jam aksi donor darah ini berlangsung. Meski sebagian para pendaftar tak dapat mendonorkan darahnya. Mereka senang bisa berpartispasi dan berjumpa dengan komunitas-komunitas lain yang tergabung dalam JALIN Harmoni Sulawesi Selatan. 

     

    Walikota Makassar Apresiasi Donor Darah JALIN Harmoni Sulsel

    Walikota Makassar, Danny Pomanto mendukung dan sangat mengapresiasi aksi donor darah untuk kemanusian yang akan dilaksanakan Jaringan Lintas Iman (JALIN Harmoni) Sulawesi Selatan. Aksi donor darah ini merupakan kegiatan sosial keagamaan JALIN Harmoni Sulawesi Selatan yang kedua kalinya dilakukan di Kota Makasssar. 

    Danny Pomanto pun sangat mengapresiasi kegiatan donor darah kemanusian yang digagas oleh JALIN Harmoni dan mempersilahkan menggunakan Aparong (apertemen lorong) yang ada di Anjungan Losari sebagai tempat pengambilan darah para pendonor. 

     

    Sumber: makassar.antaranews.com, http://seputarsulawesi.com/

Artikel terkait disukai 

POSTING TERBARU

STATISTIK PENGUNJUNG

 Visitor Today : 87
 Total Visitor : 117044
 Hits Today : 186
 Total Hits : 373304
 Visitor Online : 3