• Prof. Musda Mulia : Kondisi Psikologis Membuat Kaum Muda Rentan Terpengaruh Paham Radikalisme

    FRIDAY, 11/08/2017 ||00:00:00 WIB img

    Seputarsulawesi.com, Bandung- Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Musdah Mulia mengatakan berbagai riset menunjukkan tingginya intoleransi berkembang di masyarakat. Hal ini jelas mengkhawatirkan masa depan kehidupan berbangsa.

    Menurutnya gerakan militan atau radikal ini bukan sekadar ideologis, tapi terkait dengan masalah yang kompleks seperti ketimpangan ekonomi, faktor psikologis, struktural, serta perasaan kecewa karena berinteraksi dengan dunia di luar mereka.

    Berbagai gejala psikologis seperti persoalan hidup sehari-hari yang sulit membuat kebanyakan orang tidak mampu menghadapi gelombang hidup di tengah kemajuan teknologi yang canggih.

    Kondisi psikologis ini terpoles secara sempurna dengan kondisi-kondisi makro sosial ekonomi yang menghadirkan potret ketidakadilan, kemiskinan, pengangguran, keterbelakangan, ketimpangan, dan seterusnya.

    “Tingkat pertumbuhan ekonomi yang lamban, anggaran pendapatan yang rendah, pendidikan yang tidak memadai memicu untuk tumbuhnya paham-paham radikal,” Kata Prof. Musda Mulia saat Konferensi VIII Jaringa Antar Iman Indonesia (JAII) di Hotel Yehezkiel Bandung yang berlangsung pada 3-5 Agustus 2017.

    Ia menambahkan kemudahan akses, intensitas tinggi dan proses pencarian jati diri kaum muda membuat kaum muda rentan terhadap pengaruh radikalisme melalui internet dan medsos.

    “56,7 juta kaum muda (usia 17-34) pengguna internet, sementara ada 773.000 situs radikalisme. Ini menjadikan kaum muda sebagai pangsa pasar yang empuk ide-ide impor radikalisme Islam.” Tambanya.

    Penulis : Muhammad Iqbal Arsyad

     

    (sumber: http://seputarsulawesi.com/berita-prof-musda-mulia--kondisi-psikologis-membuat-kaum-muda-rentan-terpengaruh-paham-radikalisme-.html)

Artikel terkait disukai 

POSTING TERBARU

STATISTIK PENGUNJUNG

 Visitor Today : 79
 Total Visitor : 61132
 Hits Today : 148
 Total Hits : 198401
 Visitor Online : 1